Charger Laptop Cepat Rusak? Tips Membuat Charger Laptop Lebih Awet

Kartika Rachmania, Rabu, 17 Maret 2021

Adaptor charger adalah aksesoris penting untuk mengisi daya baterai laptop Anda. Tanpa charger, laptop tak akan bisa diisi daya dan berakhir tak bisa difungsikan. Seringkali, charger laptop menjadi cepat rusak akibat kebiasaan sepele pada saat penggunaan. Lama-lama, kebiasaan tersebut pun bisa merusak laptop.

Tips Merawat Charger Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Penyebab charger laptop cepat rusak dan tips untuk menghindarinya adalah sebagai berikut:

1. Gulung kabel dengan cara salah

Menggulung dan mengurai kabel dengan cara yang salah bisa membuat charger mudah rusak. Saat digulung atau diurai, kabel mengalami perubahan bentuk yang tak terlihat dari luar, maka dari itu cobalah gulung sesuai bawaan pabrik atau jangan sering-sering menggulung kabel adaptor.

2. Cabut charger setelah digunakan

Membiarkan charger laptop selalu terhubung dengan power socket sangat tidak baik karena akan menyebabkan adaptor cepat panas dan cepat mengalami kerusakan. Maka dari itu, usahakan untuk mencabut charger dari power socket saat selesai digunakan.

3. Asal cabut setelah digunakan

Mencabut charger asal-asalan atau terburu-buru bisa merusak kabel charger karena saat menarik kabel bisa jadi serat tembaga yang ada di dalamnya ikut terputus. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati saat mencabut kabel. Usahakan untuk memegang kepala charger saat hendak melepas dari power socket agar serat kabel tidak terputus.

4. Charger tidak bekerja

Pertama-tama, periksalah apakah power socket atau stop kontak hidup.

5. Gunakan charger yang sesuai dengan laptop

Jangan gunakan charger laptop sembarangan meskipun tegangannya sama tapi arusnya mungkin bisa berbeda. Jangan juga gunakan charger KW karena kualitasnya sudah pasti lebih rendah daripada produk asli. Selalu gunakan charger bawaaan karena bisa jadi bukan hanya charger saja yang rusak tapi laptop juga bisa ikut rusak.

6. Taruh charger di tempat yang kering dengan suhu ruangan

Charger laptop juga bisa mengalami kerusakan akibat suhu terlalu tinggi atau terlalu rendak. Jangan letakkan charger di dekat pendingin agar tidak lembab.

7. Hindarkan ujung kabel dari benda logam lain

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya arus pendek karena jika laptop Anda diisi ulang dengan charger yang terkena arus pendek akan mengakibatkan kerusakan.

Nah, jadi agar charger laptop tak cepat rusak, Anda harus benar-benar menghilangkan kebiasaan buruk dan terus merawat perangkat tersebut.

Jika Anda mengalami masalah perangkat pada laptop atau komputer di kantor, Anda bisa menggunakan jasa service komputer kantor ASANI. Atau, jika ingin menyewa laptop yang sesuai dengan kebutuhan kantor juga bisa menghubungi ASANI.

Another Post