12 Tips Merawat Laptop Perusahaan agar Tidak Cepat Rusak

Kartika Rachmania, Selasa, 2 Februari 2021

Laptop adalah komputer kecil yang bisa dibawa ke mana-mana dan sangat membantu produktivitas bagi pelajar, pekerja lepas maupun pekerja kantoran. Laptop nyaman digunakan oleh orang yang aktif karena bisa dibawa dengan mudah dan bisa digunakan di mana pun. Dengan kemudahan mobilisasi tersebut, tidak heran jika banyak perusahaan mengganti penggunaan komputer ke laptop. Anda bisa bekerja di rumah ataupun di kantor dengan menggunakan laptop. Nah, untuk Anda yang bergantung hidup pada laptop, simak tips menjaga laptop agar tidak cepat rusak sehingga laptop bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Tips Merawat Laptop

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Peribahasa tersebut juga berlaku untuk laptop, lho. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga laptop dalam kondisi baik, berikut penjelasannya:

1.      Jauhkan zat cair dari laptop

Bekerja sambal minum kopi, soda, air atau minuman lainnya dekat laptop memang sangat menggoda, tapi kecelakaan bisa terjadi kapan pun. Jadi, solusinya adalah gunakan tempat minum dengan penutup sehingga cairan tidak langsung tumpah jika tidak sengaja tersenggol, kemudian letakkan tempat minum dalam jarak aman dari laptop. Cairan yang tumpah ke laptop bisa merusak komponen internal dan menyebabkan korsleting pada laptop.

2.      Install antivirus di laptop

Meskipun Anda sudah memastikan mengunggah file dari sumber yang terpercaya, tapi tetap ada kemungkinan file tersebut mengandung virus yang bisa merusak sistem hardware. Hal ini bisa menyebabkan laptop menjadi lemot atau data di laptop hilang.

3.      Jauhkan makanan dari laptop

Jangan makan di dekat laptop karena remahan makanan Anda bisa masuk ke celah keyboard dan bisa menyebabkan fungsi keyboard terganggu. Selain itu, memiliki remahan makanan atau noda makanan akan membuat laptop terlihat kotor.

4.      Matikan Laptop dengan Benar

Jika Anda akan bepergian, jangan lupa matikan laptop dengan Shutdown, bukan Sleep atau Standby. Terlalu sering membawa laptop dalam keadaan Sleep akan membuat hard disk mudah rusak karena HDD akan tetap bekerja dalam kondisi tidur. Jika sudah rusak, data yang Anda miliki bisa ikut rusak. Maka sangat tidak disarankan untuk membawa laptop dalam keadaan Sleep. Namun, hal ini tidak berlaku untuk laptop yang menggunakan penyimpanan SSD.

Satu lagi yang harus Anda perhatikan yaitu jangan mematikan laptop paksa dengan melepas baterai.

5.      Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop

Meletakkan barang-barang di atas laptop adalah hal yang sangat tidak dianjurkan karena tumpukan itu bisa menekan LCD dan mengakibatkan kerusakan pada layar seperti retak.

6.      Perhatikan Tempat Anda Menyimpan laptop

Cara menyimpan laptop yang baik :

  • Simpan di tempat yang tidak lembab
  • Letakkan pada tempat yang datar
  • Hindari tempat dengan suhu terlalu panas atau terlalu dingin. Jangan letakkan laptop di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di dalam mobil yang terparkir di bawah matahari karena akan membuat laptop panas dan beberapa komponen luar mengeras atau warnanya memudar.
  • Jangan letakkan laptop dekat dengan peralatan yang memiliki medan magnet kuat seperti TV, speaker, dan kulkas. Anda bahkan harus menghindari meletakkan HP di atas laptop saat keduanya sedang aktif digunakan.

7.      Rajin membersihkan laptop

Kebersihan laptop adalah hal paling dasar yang harus Anda jaga. Tidak sedikit masalah laptop rusak karena masalah kotor, apalagi di bagian kipas. Bagian laptop yang harus kamu bersihkan adalah layar, keyboard, baterai, port usb dan lubang sirkulasi lainnya. Debu atau kotoran yang menempel pada laptop akan membuat laptop menjadi cepat panas dan kinerjanya melambat.

8.      Jangan menggunakan laptop terlalu lama dan berlebihan

Penggunaan laptop yang terlalu lama bisa menyebabkan overheat, jadi sangat tidak disarankan untuk penggunaan 24 jam nonstop. Contohnya, jika Anda bermain game yang berat dalam terlalu lama dapat menyebabkan komponen laptop cepat rusak apalagi jika spesifikasi laptop yang Anda gunakan bukan untuk gaming. Jika Anda ingin main game di laptop, pastikan game tidak terlalu berat sehingga tidak membebani kerja laptop Anda. Kerusakan yang sering terjadi karena penggunaan berlebihan biasanya adalah keyboard rusak dan baterai bocor.

9.      Gunakan laptop di permukaan yang datar

Jangan menggunakan laptop di permukaan yang lembut seperti di atas kasur, sofa, tumpukan baju, dan lainnya karena akan menghambat sirkulasi pada laptop sehingga udara panas dalam laptop tidak keluar dan menyebabkan laptop lebih cepat panas. Sebaiknya, gunakan laptop di atas meja atau permukaan datar. Jika ingin menggunakan laptop di atas kasur, lebih baik menggunakan meja portable atau tambahkan cooling pad.

10.  Jangan menutup laptop terburu-buru setelah dipakai

Setelah mematikan laptop, tunggu beberapa saat hingga panas laptop berkurang, baru tutup laptopnya. Menutup laptop dalam kondisi keyboard yang panas akan mengakibatkan layar rusak.

11.  Siapkan tas untuk membawa laptop

Masukkan laptop dalam tas yang baik dan tidak terlalu sempit. Jangan memaksa memasukkan laptop jika tas yang Anda bawa tidak cukup karena tempat terlalu sempit bisa menimbulkan tekanan yang bisa merusak laptop. Ingat, jangan meletakkan sesuatu di atas laptop, jika bisa gunakanlah tas khusus untuk membawa laptop.

12.  Jangan membongkar laptop

Jika Anda tidak ahli dalam bidang memperbaiki laptop atau hanya sekadar iseng membongkar laptop, sebaiknya jangan dilakukan. Membongkar laptop sendiri berisiko merusak laptop, jadi jika ada masalah pada laptop bawalah ke tempat jasa perbaikan laptop.


Nah, itulah beberapa tips agar laptop tidak cepat rusak yang bisa Anda lakukan supaya laptop perusahaan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun, jika laptop perusahaan Anda sudah harus diganti, Anda bisa mencari jasa sewa laptop perusahaan yang bebas biaya perbaikan dan tanpa minimal jumlah sewa. Gunakanlah jasa sewa laptop Jakarta yang aman dan terpercaya.

Another Post