Tips Merawat Laptop Baru

Kartika Rachmania, Minggu, 25 April 2021

Memiliki laptop baru bukan berarti Anda tak perlu merawatnya seperti laptop lama. Semakin dini merawat laptop baru, laptop tersebut akan menemani dalam jangka waktu lama. Berikut adalah tips merawat laptop baru yang bisa Anda terapkan pada perangkat yang Anda miliki.

1. Shutdown laptop

Setelah menggunakan laptop, usahakan selalu dimatikan agar laptop tidak cepat panas dan memberi waktu istirahat bagi perangkat.

2. Update BIOS

Sama halnya dengan software dan driver hardware, BIOS juga harus diperbaharui dengan versi terbaru. Update terbaru dari BIOS biasanya akan meningkatkan performa sehingga kompatibiltas software dan hardware terjaga. Untuk update BIOS, kunjungi website produsen laptop.

3. Memasang antivirus

Memasang antivirus bisa melindungi perangkat dari serangan malware, spyware, atau ransomware.

4. Menghapus bloatware

Bloatware adalah aplikasi bundle bawaan dari laptop. Hapuslah aplikasi yang tak dibutuhkan. Dengan menghapus aplikasi tak guna, kinerja laptop kan menjadi makin cepat.

5. Hati-hati mengunduh software

Berhati-hatilah jika ingin mengunduh software, jangan sembarangan karena file bisa saja mengandung virus. Jika perangkat sudah terserang virus, sistem yang ada dalam laptop bisa rusak.

6. Update sistem operasi dengan rutin

Rutin melakukan pembaharuan software adalah salah satu bentuk perawatan laptop yang tujuannya memperbaiki bug atau apa pun sehingga kerja laptop bisa tetap optimal.

7. Rutin membersihkan laptop

Bersihkan laptop minimal satu bulan sekali dari debu atau apa pun. Membersihkan laptop bisa menggunakan kain halus atau apa pun yang bisa menjangkau semua sudut laptop.

Itulah tips merawat laptop baru yang bisa Anda terapkan. Semoga tips tersebut berguna menekan pengeluaran servise dengan cara merawat laptop dengan benar.

Another Post