6 Hal yang Harus Anda Lakukan Sebelum Membuang Laptop

Kartika Rachmania, Selasa, 26 Juli 2022

Ada beberapa alasan mengapa Anda mengganti laptop lama dengan yang baru yaitu karena perangkat sudah kuno atau perangkat rusak total. Ketika Anda memutuskan untuk mengganti perangkat tersebut, Anda mungkin bertanya-tanya… apakah perangkat boleh langsung dibuang atau perlu dicek dulu, ya? 

Ya, Anda perlu memastikan beberapa hal ini sebelum membuang laptop lama. Yuk, simak cara berikut untuk menyiapkan laptop sebelum dibuang.

6 Hal yang Harus Anda Lakukan Sebelum Membuang Laptop

Back-up data penting

Sebelum membuang laptop, sisihkan waktu untuk memilih dan memindahkan dokumen penting dari hard drive internal laptop ke HDD eksternal. Jika Anda tidak memiliki HDD eksternal, Anda juga bisa back up data menggunakan cloud storage seperti Google Drive, One Drive, atau Dropbox.

Deaktivasi aplikasi yang terpasang 

Laptop Anda mungkin terkoneksi dengan beberapa aplikasi yang membutuhkan lisensi atau akun email khusus, maka jangan lupa untuk deaktivasi semua akun di aplikasi. Anda juga bisa remove akses email di laptop lama Anda.

Hapus history browser

Biasanya, Anda akan meninggalkan informasi penting saat browsing jadi pastikan Anda menghapus semua history browser sampai bersih. 

Reset Hard Drive

Setelah memastikan data penting sudah dipindahkan dari perangkat lama dan semua akses serta lisensi aplikasi sudah diputus, jangan lupa untuk menghapus semua data di laptop. Anda juga bisa melakukan penghapusan semua data di hard drive agar semua informasi sensitif terhapus dari komputer.

Reset Perangkat

Anda bisa mereset perangkat sehingga semua data yang masih tersisa di laptop akan terhapus dan sistem operasi terinstal ulang. 

Hancurkan hard drive

Bagaimana jika laptop dalam keadaan mati? Hancurkan hard drive-nya.

Jika kantor Anda membutuhkan laptop baru, Asani bisa membantu kantor Anda dengan menyediakan perangkat IT bagi semua karyawan perusahaan Anda. Selain itu, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan karyawan di perusahaan Anda. Segera hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.


Another Post