Tips untuk Mengembangkan dan Menerapkan ESG

Kartika Rachmania, Senin, 19 Desember 2022

Gerakan “Hijau” untuk mengurangi dampak negatif perusahaan terhadap lingkungan telah bertransformasi menjadi ESG yang mempertimbangkan kriteria lingkungan, dampak sosial, dan tata kelola perusahaan. 


Tips untuk Mengembangkan dan Menerapkan ESG

Berikut adalah tips untuk mengembangkan dan menerapkan praktik bisnis ESG di perusahaan Anda:


  • Riset

Ada banyak penelitian dan praktik terbaik yang tersedia tentang bagaimana perusahaan lain telah menerapkan strategi keberlanjutan dan ESG yang berhasil dan mengapa hal itu masuk akal secara finansial, sosial, dan sebagainya.


  • Mencari sumber daya

Banyak organisasi menawarkan informasi, sumber daya, dan peluang jaringan yang secara khusus berpusat pada praktik bisnis berkelanjutan. Ini dapat membantu Anda menemukan individu yang berpikiran sama dan membangun komunitas.


  • Mendengarkan dan melibatkan tim Anda

Praktik ESG harus bersifat kolaboratif, jadi pastikan anggota tim Anda mengetahui peran mereka dan merasa nyaman dengan tujuan perusahaan. Melibatkan tim dalam strategi ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan meningkatkan moral.


  • Mengevaluasi kemajuan Anda secara teratur

Pastikan untuk mengevaluasi posisi perusahaan Anda saat ini berdasarkan faktor ESG agar mudah mengidentifikasi area yang harus ditingkatkan. Tetapkan tujuan yang jelas dan terukur untuk masa depan serta pastikan Anda terus mengomunikasikan kemajuannya. Ini akan membuat Anda bertanggung jawab atas upaya yang dilakukan.


Evolusi dari praktik berkelanjutan ini mengungkapkan perubahan signifikan dalam pendekatan yang digunakan perusahaan untuk secara proaktif memengaruhi keuangan perusahaan, kepuasan karyawan, dan jejak lingkungan. Jadi, evolusi ke ESG ini menciptakan nilai yang lebih tinggi bagi perusahaan.


Beberapa perusahaan yang berfokus pada keberlanjutan melanjutkan cara untuk meningkatkan wawasan ESG, sementara banyak lainnya baru mulai mengumpulkan data ESG dan menerapkan kebijakan baru. 


Jika Anda tertarik untuk menerapkan ESG, maka Asani siap untuk mendukung strategi ESG di perusahaan Anda. Asani menyediakan jasa sewa laptop yang bisa memperpanjang umur penggunaan. Apabila Anda menggunakan jasa Asani, Anda turut membantu mengurangi jejak karbon digital dan emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh pembuatan perangkat baru. 


Another Post