30

Staf administrasi keuangan adalah orang yang bertanggung jawab untuk setiap tugas yang berhubungan dengan keuangan di perusahaan. Seorang staf administrasi keuangan bertanggung jawab untuk merencanakan tujuan keuangan jangka panjang, melindungi aset, mengawasi kegiatan keuangan bisnis dan bertanggung jawab atas rekening kantor. Staf administrasi keuangan dapat bekerja di mana pun asalkan perusahaan menggunakan uang untuk kegiatan operasional sehari-hari.

Tugas Staf Administrasi Keuangan

Tugas seorang staf administrasi keuangan berbeda tergantung pada perusahaan tempatnya bekerja. Berikut adalah beberapa tugas umum yang dilakukan oleh staf administrasi keuangan:

  • Menyusun anggaran bulanan berdasarkan kebutuhan bisnis dan mengontrol pendapatan serta pengeluaran sehari-hari
  • Mengarahkan penyusunan laporan keuangan, meringkas, dan memperkirakan posisi keuangan organisasi
  • Memberikan informasi keuangan dan menyimpulkan dampak terhadap kinerja bisnis dan kebutuhan pendanaan
  • Memproses faktur penjualan
  • Menyiapkan rekonsiliasi akuntansi bulanan
  • Menyiapkan akun untuk pembayaran dan pembelian yang dilakukan oleh perusahaan
  • Memastikan aturan keuangan perusahaan dipatuhi dengan baik

Seorang staf administrasi keuangan juga harus mendistribusikan sumber daya dengan cara yang membuat organisasi berfungsi secara efisien tanpa melampaui batas keuangan.

Baca juga:  Fungsi Akuntansi Manajemen dalam Perusahaan

Kemampuan untuk Menjadi Seorang Staf Administrasi Keuangan

Kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang staf administrasi keuangan profesional yaitu:

1. Komunikasi

Staf administrasi keuangan harus memiliki keterampilan tertulis dan lisan yang baik agar dapat membuat bahasa bisnis mudah dipahami oleh klien potensial yang memiliki pengetahuan terbatas di bidang tersebut.

2. Sosial

Seorang staf administrasi keuangan perlu memiliki kemampuan untuk membangun interaksi positif dengan semua orang. Karir di bidang keuangan tidak hanya melibatkan angka dan neraca, tetapi juga mengharuskan seseorang untuk berinteraksi dengan klien yang berbeda setiap hari.

3. Inovatif

Keuangan mungkin diasosiasikan dengan angka dan struktur, tetapi itu tidak berarti bahwa inovasi tidak memiliki tempat di dunia bisnis. Orang yang memiliki kemampuan inovatif akan lebih menonjol dibandingkan yang lainnya.

4. Kemampuan Analisis dan Problem Solving

Staf administrasi keuangan harus bisa menghadapi segala kesulitan kompleks yang mungkin terjadi. Individu diharapkan mampu menganalisis skenario yang berbeda, menerapkan pemikiran kritis pada situasi apa pun, dan memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat untuk setiap situasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Jadi, menjadi seorang staf administrasi keuangan tidak hanya cukup memiliki pengetahuan yang luas tentang sistem dan prosedur saja.

Staf administrasi keuangan memainkan peran penting dalam keberhasilan sebuah perusahaan. Untuk menjadi seorang staf administrasi keuangan, seseorang membutuhkan setidaknya gelar sarjana di bidang keuangan, administrasi bisnis atau akuntansi meskipun jurusan pendidikan lain dapat dipertimbangkan jika melibatkan keuangan, manajemen atau bisnis. Pengalaman kerja apa pun yang terkait dengan keuangan dan referensi kerja yang tepat sangat penting bagi seorang manajer keuangan yang ambisius.

Sertifikasi sukarela juga dapat menetapkan tingkat kemahiran, pengalaman, dan kemampuan yang tinggi. Ada banyak sertifikasi ahli, seperti penunjukan Chartered Financial Analyst (CFA) yang ditawarkan oleh CFA Institute. Staf administrasi keuangan dengan gelar Sarjana dan pengalaman kerja yang sesuai memenuhi syarat untuk mengikuti tiga ujian yang mengarah pada kredensial CFA. Sertifikasi dapat mengarah pada prospek pekerjaan dan pengembangan karir lebih lanjut.

Salah satu tugas seorang staf administrasi keuangan yang paling umum yaitu membuat laporan keuangan. Informasi penting yang dimasukkan dalam salah satu jenis laporan keuangan perusahaan adalah keuntungan dan pengeluaran. Untuk mengurangi biaya operasional perusahaan, pengusaha bisa menggunakan jasa sewa laptop. Dengan sewa laptop kantor, pengeluaran perusahaan bisa dikurangi karena pengusaha tak perlu memikirkan biaya asuransi dan perbaikan perangkat jika terjadi kerusakan.

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani merupakan partner yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi official WhatsApp Asani atau customer service kami di cs@asani.co.id.

Baca juga: Inilah Jenis-jenis Laporan Keuangan di Perusahaan!

Post comment

Product Enquiry