Kapan Waktu yang Tepat untuk Mematikan Laptop?

Kartika Rachmania, Rabu, 19 Mei 2021

Ada tiga mode untuk mengistirahatkan laptop atau komputer yaitu Sleep, Hibernate, dan Shut Down. Namun, banyak yang belum tahu kapan harus memilih tiga mode tersebut dengan tepat. Lalu, kapankah waktu yang tepat menggunakan mode tersebut?

Sleep vs Hibernate vs Shut Down

Tidak ada jawaban yang saklek kapan Anda harus memilih Sleep, Hibernate, atau Shut Down. Ketiga pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah penjelasan kapan waktu Sleep, Hibernate, dan Shutdown yang tepat sesuai penggunaan:

  • Sleep

Ketika Anda menggunakan mode Sleep, laptop atau komputer akan tetap berjalan tapi tidak mengkonsumsi daya yang banyak. Listrik masih digunakan pada memori komputer, tapi tidak pada komponen lainnya. Saat Anda menghidupkan laptop, maka akan langsung terhubung dengan pekerjaan dalam waktu cepat. Anda tidak perlu menunggu proses booting. Sayangnya, jika dibandingkan dengan mode lain, Sleep memakan listrik lebih banyak.

Waktu yang tepat menggunakan mode Sleep: ketika Anda ingin meninggalkan komputer dalam waktu yang sangat sebentar. 

  • Hibernate

Ketika menggunakan mode ini, pekerjaan terakhir Anda bisa tersimpan pada drive penyimpanan karena RAM secara langsung memindahkan pekerjaan ke dalam RAM. Ketika menyalakan komputer, Anda bisa langsung terhubung dengan pekerjaan yang terakhir Anda kerjakan meskipun tidak secepat saat mode Sleep. Waktu memulai komputer pada mode Hibernate lebih lama daripada mode Sleep. Mode Hibernate tidak membutuhkan daya listrik untuk menjaga komputer. Jika Anda sedang berada pada mode Sleep saat kondisi baterai hampir habis, laptop akan memindahkan komputer Anda langsung ke mode Hibernate.

Waktu yang tepat menggunakan mode Hibernate: ketika Anda ingin meninggalkan komputer dalam waktu yang cukup lama seperti tidur.

  • Shut Down

Dengan mode Shut down, berarti Anda mematikan seluruh program dan sistem operasi pada laptop. Laptop dalam mode Shutdown tidak memakan tenaga listrik sama sekali. Ketika Anda ingin menggunakan laptop, maka Anda harus memulai dengan proses booting dan menunggu hingga komputer siap bekerja kembali. Proses booting bisa memakan waktu lebih lama daripada saat Anda menggunakan Hibernate. Karena itu, banyak orang yang lebih memilih Hibernate daripada Shut Down. Namun, perlu diketahui bahwa ada beberapa software yang tak bisa bekerja dengan baik setelah menggunakan mode Hibernate. 

Waktu yang tepat menggunakan mode Shutdown: ketika Anda tidak menggunakan komputer dalam waktu yang cukup lama. 

Beberapa orang mungkin akan memilih menggunakan Sleep daripada Hibernate jika hanya meninggalkan komputer dengan sebentar. 


Another Post