Aplikasi Pengolah Data

Kartika Rachmania, Jumat, 10 September 2021

Aplikasi pengolah data adalah aplikasi untuk mengolah data menjadi sebuah informasi agar bisa ditampilkan dengan lebih baik dan sesuai kebutuhan. Data yang dikelola bisa berupa kata, angka, simbol maupun gambar. 

Saat ini, banyak orang yang memanfaatkan teknologi untuk mengolah data menggunakan komputer atau laptop. Mengolah data perangkat laptop atau komputer diperlukan software yang cocok untuk data yang Anda miliki. 

Fungsi Aplikasi Pengolah Data

Fungsi aplikasi pengolah data di antaranya:

  • Menyimpan data untuk diproses
  • Menyusun data
  • Menampilkan hasil pengolahan data
  • Menjalankan perhitungan aritmatika dan logika
  • Membantu mengolah beragam data agar menjadi informasi

Aplikasi Pengolah Data

Berikut adalah aplikasi pengolah data yang sering digunakan:

1.Microsoft Word

Software ini adalah bagian dari Microsoft yang digunakan untuk mengolah data dalam bentuk teks dan dokumen. Microsoft Word banyak digunakan orang mulai dari pelajar hingga pekerja. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi wajib yang harus ada di laptop kantor. Fungsi Microsoft lainnya bisa dilihat pada artikel ini.

2.Microsoft Excel

Microsoft Excel digunakan untuk memproses dan menganalisa datang yang berupa angka. Di dalam aplikasi ini, Anda bisa mengurutkan angka, membuat tabel, grafik, dan formula angka. Banyak sekali fitur yang bisa memudahkan pengguna menganalisis data angka.

3.Microsoft Powerpoint

Powerpoint biasanya digunakan sebagai media presentasi. Anda bisa membuat materi presentasi data berupa slide dengan template yang beragam. 

4.Microsoft Access

Aplikasi ini digunakan pada komputer relasional untuk mengolah data. Data yang bisa dibaca oleh aplikasi ini yaitu data yang memiliki format Microsoft Access, Microsoft SQL Server, atau data yang mendukung penggunaan Oracle database.

5.Pengolah Database

Contoh pengolah database relasional yang biasa digunakan di perusahaan contohnya MySQL dan Microsoft SQL Server. Pengolah database berfungsi membangun database untuk menyimpan, manipulasi data, dan menentukan kaitan satu tabel dengan tabel lainnya. 

Pilihlah software yang sesuai dengan tipe data yang Anda miliki dan sesuai kebutuhan pekerja sehingga hasil bisa lebih maksimal. 

Untuk mendukung kerja, tidak hanya dibutuhkan aplikasi pengolah data yang terbaik, tapi juga perangkat dengan spesifikasi yang sesuai. Asani menyediakan sewa laptop atau komputer untuk kebutuhan karyawan di perusahaan. Ada beberapa kategori laptop yang disediakan oleh Asani yaitu administrasi, bisnis, design dan developer. Selengkapnya bisa dilihat di katalog Asani.

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post