Biaya Operasional Call Center

Kartika Rachmania, Selasa, 24 Mei 2022

Seiring dengan meningkatnya kesadaran perusahaan untuk memberikan layanan pelanggan yang mampu membantu pelanggan atau calon pelanggan, potensi bisnis penyedia layanan call center pun terus meningkat. Jasa layanan pelanggan ini juga sering digunakan oleh customer untuk mendapatkan informasi mengenai produk hingga menyampaikan keluhan. Bagi Anda yang akan mendirikan usaha jasa call center, Anda perlu membuat perencanaan dan persiapan agar usaha berjalan lancar.

Salah satu persiapan yang perlu dilakukan adalah biaya operasional. Simak terus artikel ini untuk mengetahui biaya apa saja yang harus Anda siapkan sebelum mendirikan bisnis call center. 

Biaya Operasional Call Center

Biaya membuka usaha call center bisa sangat tinggi. Komponen biaya yang harus dikeluarkan di antaranya adalah biaya perizinan, biaya sewa tempat, pajak, alat, serta tenaga kerja. Beberapa pengeluaran besar terjadi hanya saat Anda memulai usaha. Namun, Anda juga harus mengingat biaya lain yang dikeluarkan secara rutin. Berikut adalah biaya operasional yang harus Anda persiapkan sebelum dan saat membuka layanan call center:

Biaya Tenaga Kerja: Gaji karyawan

Anda memerlukan jumlah karyawan yang tepat untuk menjalankan call center yang sukses. Pertimbangkan untuk mempekerjakan karyawan non pengalaman dan karyawan yang berpengalaman dengan jumlah seimbang. Nantinya, karyawan yang berpengalaman bisa membantu melatih karyawan non pengalaman. Atau mulai dengan memperkerjakan karyawan berpengalaman dengan tim kecil. Hal ini juga bisa membantu Anda menghemat biaya pelatihan karena karyawan berpengalaman sudah bisa mandiri melakukan pekerjaan dengan cepat.

Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah jumlah karyawan. Jangan pekerjakan karyawan terlalu banyak agar biaya yang dikeluarkan tidak besar. Namun, juga jangan terlalu sedikit hingga Anda kekurangan. Untuk menemukan jumlah yang tepat, Anda bisa merujuk pengaturan call center yang ingin dibuat apakah on-site atau virtual. 

Biaya Bangunan: Sewa Kantor

Jika Anda memilih bentuk call center on-site, maka Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa tempat usaha. Jika call center berbentuk virtual, maka Anda tidak perlu menyewa tempat bekerja untuk karyawan. Hal ini tentu saja akan menghemat pengeluaran Anda. 

Biaya Furniture Kantor

Furniture kantor paling sederhana yang dibutuhkan di antaranya adalah meja dan kursi kerja. Anda perlu menyiapkan beberapa pasang meja dan kursi yang layak agar pekerja menjadi nyaman. Selain itu Anda juga perlu menambahkan furniture tambahan agar kantor terlihat menarik dan terpercaya di mata klien.

Biaya Peralatan Kantor (termasuk software dan hardware)

Salah satu hal penting adalah menemukan tools yang baik agar pekerjaan call center menjadi lebih lancar. Berikut adalah daftar perangkat keras dan lunak yang harus dimiliki setiap call center di antaranya:  

  • Desktop
  • Internet
  • Software manajemen panggilan
  • Internal Helpdesk
  • Headset
  • Software pemantau panggilan
  • Software perekam panggilan
  • Manajemen Tenaga Kerja dan Pengoptimalan Tenaga Kerja
  • Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)


Itulah 4 komponen dasar yang harus Anda persiapkan saat membuka call center. Biaya menyiapkan bisnis pusat panggilan di tempat itu mahal, jadi Anda harus berusaha meningkatkan pendapatan Anda. Jika Anda tidak pandai membuat perencanaan budget, maka Anda bisa menghabiskan uang untuk hal yang tidak berguna. Semua budget disesuaikan dengan tujuan dan fokus bisnis Anda. Salah satu cara untuk menghemat biaya operasional kantor call center Anda di Yogyakarta atau di Jabodetabek adalah dengan menyewa perangkat IT di Asani.


Asani menyediakan sewa laptop atau komputer, dan tablet dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan karyawan perusahaan Anda. Asani juga memberikan instalasi software termasuk Microsoft Office bagi perusahaan yang sudah menyewa di Asani. Jika anda berhasil menekan biaya peralatan, Anda bisa mengalihkan biaya untuk merekrut karyawan. Anda akan membutuhkan banyak karyawan untuk membantu call center Anda mencapai target pendapatan lebih besar. 


Selain usaha layanan jasa call center, masih ada beberapa potensi usaha di Yogyakarta yang menjanjikan. Di Jogja juga banyak sekali tersedia co-working space yang bisa disewa dan letaknya masih di kota. Sangat cocok untuk pengusaha muda yang baru merintis bisnis maupun perusahaan luar kota yang ingin membuka cabang baru di Jogja. Jika kantor Anda membutuhkan jasa sewa laptop, segera hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.


Lihat katalog Asani untuk melihat jenis laptop design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 


Another Post