Cara Merencanakan Usaha Layanan Call Center di Yogyakarta

Kartika Rachmania, Jumat, 20 Mei 2022

Call center adalah bagian dari perusahaan yang menangani panggilan masuk dan keluar dari pelanggan dan calon pelanggan. Call center bisa berada di dalam organisasi atau dialihdayakan ke perusahaan khusus yang memberikan layanan call center. Menjalankan call center di daerah pusat bisnis nasional bisa menjadi mahal karena biaya operasional yang tinggi. Untuk mengatasi hal ini, sebagian besar perusahaan akhirnya menyewa jasa layanan call center untuk dijadikan pusat layanan pelanggan. Akhirnya, bisnis jasa call center pun menjadi salah satu industri yang terus bertumbuh.


Tugas Call Center

Call center di perusahaan bertugas membantu konsumen / pelanggan yang membutuhkan atau mengalami masalah. Pelanggan atau calon pelanggan biasanya berharap mendapatkan layanan yang bisa membantu secara cepat dan efisien serta sesuai dengan mereka butuhkan. 


Cara Merencanakan Usaha Layanan Call Center di Yogyakarta

Mendirikan usaha Call Center bisa menjadi sebuah jalan bagi Anda ingin mulai berbisnis. Industri kecil atau menengah pun bisa membuat call center sendiri. Sebelum membuat usaha call center sendiri, yuk ikuti langkah berikut:


Menentukan Tujuan Layanan

Sebelum memulai menjalankan usaha jasa layanan call center, tentukan dulu tujuan Anda mendirikan layanan tersebut karena tujuan akan akan menentukan jumlah karyawan yang akan direkrut, jenis operasi, proses yang akan dijalankan, dan biaya yang akan dikeluarkan. Membuat goals yang tepat akan membantu Anda meningkatkan pertumbuhan bisnis. 


Menentukan Pengaturan / Setup Layanan Call Center

Ada dua setup layanan call center yang bisa Anda pilih yaitu:  

On-site Call Center 

On-site call center berarti semua karyawan bekerja di lokasi pusat kantor. On-site call center menjadi pilihan yang baik jika Anda ingin melayani perusahaan besar atau Anda ingin merekrut banyak karyawan sehingga Anda lebih mudah untuk mencari calon karyawan lokal dan mengaturnya dari kantor. 

Untuk mengelola call center, sebaiknya Anda mencari lokasi yang memiliki internet berkecepatan tinggi dan akses transportasi yang mudah karena memungkinkan bisnis lain tertarik menggunakan layanan call center Anda. 

Virtual Call Center

Virtual call center adalah bisnis yang sepenuhnya dijalankan dari jauh. Karyawan kantor akan bekerja dari rumah, dan sebagian besar interaksi serta operasional akan dilakukan melalui internet. Layanan call center virtual adalah pilihan untuk Anda yang tidak memiliki biaya besar untuk menyiapkan biaya operasional seperti menyewa lokasi dan perangkat untuk kantor. Namun, mengelola karyawan jarak jauh bisa menjadi tantangan sendiri apabila Anda tidak memiliki perangkat atau alat yang tepat. Anda tidak bisa mengukur produktivitas dan kinerja. 

Jadi, jika Anda berencana untuk membuat virtual call center, maka Anda harus mempertimbangkan dengan serius untuk menggunakan perangkat lunak produktivitas dan alat pemantauan kinerja yang tepat.


Menentukan Fokus Layanan

Fokus bisnis akan menentukan layanan yang Anda berikan. Ada dua pilihan layanan yang bisa Anda jadikan pertibangan yaitu:

Outbound Call Center / Pusat Panggilan Keluar

Pusat panggilan keluar hanya akan fokus pada panggilan keluar untuk penjualan, pemasaran jarak jauh, melakukan survei, dan membuat janji temu.

Inbound Call Center / Pusat Panggilan Masuk

Pusat panggilan masuk fokus hanya menerima panggilan pelanggan untuk menerima pesanan, memberikan dukungan pelanggan, dan menanggapi pertanyaan. Karyawan tidak melakukan panggilan ke pelanggan.


Menentukan Industri yang akan Dilayani oleh Bisnis Anda

Industri tertentu memerlukan keahlian yang tidak biasa. Contohnya, industri medis. Jadi pastikan Anda sudah menentukan industri mana yang ingin Anda layani. 


Menentukan Lokasi Call Center

Salah satu faktor untuk kesuksesan bisnis adalah lokasi. Anda bisa saja membuat layanan call center di luar kota yang menjadi pusat bisnis nasional dengan pertimbangan biaya operasional yang lebih terjangkau. Salah satu kota yang bisa dijadikan tempat potensial mendirikan call center adalah Yogyakarta. Di Yogyakarta ada beberapa kawasan bisnis yang menjadi lokasi strategis untuk perkantoran


Membuat Dokumen Perizinan

Jika Anda ingin memulai bisnis call center, maka Anda harus mempersiapkan dokumen perizinan yang dibutuhkan. 


Merencanakan Budget Operasional

Mendirikan bisnis itu tidak murah. Jika Anda tidak pandai membuat perencanaan budget, maka Anda bisa menghabiskan uang untuk hal yang tidak berguna. Semua budget disesuaikan dengan tujuan dan fokus bisnis Anda. Salah satu cara untuk menghemat biaya operasional kantor call center Anda di Yogyakarta adalah dengan menyewa perangkat IT di Asani.

Asani menyediakan sewa laptop atau komputer, dan tablet dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan karyawan perusahaan Anda. Asani juga memberikan instalasi software termasuk Microsoft Office bagi perusahaan yang sudah menyewa di Asani. 


Selain usaha layanan jasa call center, masih ada beberapa potensi usaha di Yogyakarta yang menjanjikan. Di Jogja juga banyak sekali tersedia co-working space yang bisa disewa dan letaknya masih di kota. Sangat cocok untuk pengusaha muda yang baru merintis bisnis maupun perusahaan luar kota yang ingin membuka cabang baru di Jogja. Jika kantor Anda membutuhkan jasa sewa laptop, segera hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.


Lihat katalog Asani untuk melihat jenis laptop design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 


Another Post