6 Tips Menghemat Biaya Operasional Perusahaan

Kartika Rachmania, Jumat, 22 Januari 2021

Hal yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh keuntungan besar adalah memastikan bahwa kegiatan operasional berjalan lancar meskipun dengan cara menghemat biaya operasional kantor. Biaya operasional merupakan beban bagi perusahaan, sehingga jika pemasukan dan biaya operasional tidak seimbang, maka akan terjadi kerugian. Maka dari itu, biaya operasional kantor menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh pengusaha—terlebih lagi oleh pengusaha baru.

Tips Menghemat Keuangan Perusahaan

Salah satu kunci agar bisnis rintisan cepat berkembang adalah mengatur keuangan seefisien mungkin. Perusahaan yang efisien yaitu perusahaan yang bisa menghasilkan keuntungan besar dengan biaya yang kecil. Setiap pengusaha baru ingin mengeluarkan biaya operasional minimal, atau mengurangi pengeluaran yang tidak perlu agar bisa fokus untuk mengembangkan bisnis.

Berikut adalah tips hemat yang bisa diterapkan untuk menekan biaya operasional perusahaan:

  • Menghemat biaya sewa ruang kantor: Co-working Space

Biaya sewa kantor merupakan beban bagi perusahaan baru. Sewalah ruangan sesuai kebutuhan. Jangan menyewa satu gedung jika perusahaan hanya membutukan satu lantai, atau jangan menyewa satu lantai apabila hanya membutuhkan satu ruangan. Selain itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewa co-working space yang popular bagi perusahaan startup. Dengan menyewa co-working space, Anda bisa berhemat banyak meski harus berbagi ruangan dengan perusahaan lain.

  • Menghemat biaya pengeluaran untuk peralatan kantor
  • Sewa laptop

Bagi perusahaan lama ataupun startup yang baru memulai usaha, Anda bisa menggunakan jasa sewa laptop untuk memenuhi kebutuhan produktivitas karyawan. Sewa laptop adalah pilihan cerdas untuk mengurangi alokasi investasi pengadaan barang sehingga dana bisa digunakan untuk hal lain untuk mengembangkan bisnis.

  • Menghemat penggunaan kertas (Paperless)

Kertas adalah salah satu biaya paling besar dari anggaran perlengkapan kantor karena hamper semua dokumen dicetak di kertas setiap hari. Jika memungkinkan, terapkanlah sistem paperless dengan beralih ke dokumen komputer digital yang praktis. Jika memang membutuhkan berkas fisik, Anda bisa tetap berhemat dalam beberapa urusan kantor lain seperti penggunaan e-mail sebagai pengganti surat pos dan penggunaan aplikasi HR untuk administrasi karyawan. Selain menghemat biaya, penggunaan e-mail dan software HR juga menghemat waktu karena bisa menyelesaikan pekerjaan secara cepat dan akurat.

  • Membeli furnitur seperlunya

Tentukan perlengkapan atau furnitur yang dibutuhkan di kantor sehingga tidak terjadi pemborosan atau ada furnitur yang tidak terpakai. Alternatif lain adalah membeli peralatan bekas dengan kondisi yang masih layak pakai. Harga yang ditawarkan biasanya akan lebih murah daripada harga barang baru.

  • Mengurangi penggunaan listrik

Penggunaan listrik sangat berkontribusi dalam pengeluaran jika tidak dikendalikan. Pemborosan listrik biasanya disebabkan penggunaan listrik yang tidak perlu misalnya lampu, komputer, atau AC yang dibiarkan menyala 24 jam. Matikan semua peralatan elektonik saat kantor sudah tutup. Setiap karyawan diharuskan untuk peduli dan menghemat listrik. Apabila ada peralatan elektronik yang tidak digunakan maka harus segera dimatikan. Selain itu, Anda bisa menggunakan peralatan elektronik yang hemat listrik.

  • Memanfaatkan teknologi dengan maksimal

Salah satu sumber pengeluaran perusahaan adalah biaya perjalanan untuk meeting dan menyewa tempat. Untuk meeting jarak jauh, Anda bisa memanfaatkan teknologi virtual meeting sehingga biaya transportasi dan akomodasi bisa ditekan. Meeting online sangat efektif untuk menghemat biaya dan waktu.

  • Memperbaiki manajemen waktu dan proses kerja

Gunakan waktu bekerja untuk mengerjakan hal produktif yang berguna untuk kemajuan usaha. Evaluasi jam kerja apakah benar-benar produktif atau diselingi kegiatan yang membuang waktu. Jika banyak waktu terbuang, maka bisa menimbulkan terjadinya karyawan lembur. Lembur yang berbayar ataupun tidak akan menambah biaya operasional seperti bertambahnya waktu penggunaan listrik.

  • Memaksimalkan sumberdaya manusia

Tempatkan karyawan sesuai dengan keahlian dan posisi masing-masing. Anda juga bisa memberikan beberapa pelatihan agar karyawan terus berkembang dan makin kompeten dalam pekerjaan. Biaya pelatihan yang Anda keluarkan adalah salah satu investasi agar sumberdaya menjadi efektif dan efisien.

Dari tips di atas, ada beberapa hal yang merupakan kebijakan perusahaan dan hanya akan diputuskan oleh pimpinan perusahaan. Namun, ada hal-hal yang tidak bisa dilakukan pimpinan sendiri, nah, di sinilah kesadaran karyawan amat dibutuhkan dan penting dalam usaha penghematan biaya operasional perusahaan.

Jika Anda seorang pengusaha dan ingin menghemat biaya operasional lalu ingin menerapkan tips di atas dan sedang mencari jasa sewa laptop, Anda bisa mengunjungi Asani Indonesia. Platform B2B sewa laptop pertama di Indonesia ini melayani jasa penyewaan perangkat IT untuk kebutuhan perusahaan dengan harga yang terjangkau. Anda bisa menghemat jutaan rupiah hanya dengan menyewa laptop di Asani.

Baca Juga: Keuntungan Sewa Laptop untuk Perusahaan

Another Post