Cara Memilih Endpoint Security

Kartika Rachmania, Jumat, 9 Desember 2022

Endpoint security merupakan salah satu solusi penting dalam menjaga keamanan perusahaan dari ancaman yang dapat menginfeksi perangkat yang terhubung ke jaringan perusahaan. Namun, memilih endpoint security yang tepat tidaklah mudah karena ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.


Cara Memilih Endpoint Security

Dengan banyak opsi yang tersedia di pasaran, bagaimana cara memilih yang tepat untuk bisnis Anda? Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

  • Menentukan prioritas keamanan 

Sebelum mulai memilih, cobalah untuk membuat daftar prioritas keamanan apa yang Anda butuhkan lalu cari produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini penting untuk memastikan bahwa endpoint security yang dipilih dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Misalnya, jika perusahaan menggunakan banyak perangkat mobile, maka perlu dipilih endpoint security yang dapat melindungi perangkat mobile.

Anda bisa mulai membuat daftar dengan menjawab pertanyaan berikut:

Apa hal yang paling penting bagi bisnis? Apakah perlindungan terhadap ransomware atau deteksi dini terhadap berbagai ancaman yang mungkin terjadi? 

  • Riset fitur produk dari berbagai opsi

Baca ulasan dan lakukan demo untuk mengetahui fitur dan kemampuan masing-masing produk. Pertimbangkan fitur dan teknologi yang disediakan oleh endpoint security yang dipilih. Misalnya, fitur antivirus, antimalware, firewall, dan intrusion prevention system. Pastikan bahwa fitur-fitur tersebut dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dan dapat bekerja dengan baik.

Pastikan untuk mempertimbangkan berbagai opsi sebelum mengambil keputusan. 

  • Pertimbangkan kapasitas produk

Perusahaan harus mempertimbangkan kapasitas dan kemampuan endpoint security yang dipilih. Pastikan bahwa endpoint security mampu melindungi semua perangkat yang terhubung ke jaringan perusahaan. Selain itu, pastikan juga bahwa endpoint security tersebut dapat bekerja dengan sistem operasi dan aplikasi yang digunakan oleh perusahaan. Cari produk yang mudah diintegrasikan ke dalam jaringan dan bisa mengikuti perkembangan bisnis Anda. 

  • Memiliki dukungan pelanggan

Cari produk yang menawarkan dukungan pelanggan yang baik, sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkan bantuan ketika diperlukan. Anda membutuhkan layanan support yang cepat dan efektif. 

  • Pertimbangan harga

Keamanan jaringan dan perangkat adalah investasi jangka panjang. Meskipun Anda ingin mendapatkan produk berkualitas dengan harga terjangkau, tapi jangan terlalu terpaku pada harga saja. Pilih produk yang memberikan value terbaik untuk uang yang Anda keluarkan dan pastikan bahwa biayanya tidak melebihi anggaran yang telah ditentukan. Selain itu, perusahaan juga harus mempertimbangkan biaya maintenance dan upgrade yang diperlukan untuk endpoint security tersebut.


Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan memiliki informasi yang cukup untuk membuat keputusan yang tepat tentang produk endpoint security yang tepat. 

Endpoint security yang tepat akan dapat memberikan perlindungan digital yang terbaik di perusahaan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional jika Anda memiliki pertanyaan dalam memilih produk yang tepat. 

Asani dapat membantu Anda memilih endpoint security yang tepat untuk perusahaan.  Asani bekerja sama dengan Webroot dan Bitdefender untuk memberikan layanan perlindungan Endpoint yang bermanfaat bagi perusahaan. Segera hubungi Asani untuk konsultasi lebih lanjut mengenai layanan proteksi endpoint yang cocok untuk Bisnis Anda.


Another Post