Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang

Kartika Rachmania, Kamis, 8 April 2021

Apa yang Anda lakukan jika laptop hang?

Laptop nge-hang atau nge-lag biasanya terjadi karena laptop terlalu panas, terlalu lama hidup, atau terlalu banyak aplikasi yang dibuka dalam waktu yang bersamaan. Seringkali, kita kebingungan saat laptop tidak mau menuruti perintah yang diberikan dan malah blank. Ketika itu terjadi, hal yang dilakukan pertama kali adalah menutup aplikasi bermasalah atau restart laptop. Namun, apa sih penyebab laptop hang? Simak artikel ini.

Penyebab Laptop Hang dan Cara Mengatasinya

Laptop yang sering hang bisa mengganggu dan menghambat pekerjaan. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi laptop hang agar Anda tetap bisa bekerja dengan baik.

1. Kekurangan Memory (RAM)

Ketahuilah memory yang ada pada laptop Anda karena jika RAM terlalu kecil maka akan sangat berat untuk menjalankan aplikasi yang besar. Sebelum memasang aplikasi, coba cek spesifikasi minimum aplikasi sehingga program bisa bekerja dengan baik dan laptop tidak nge-hang saat digunakan. Jika RAM terlalu kecil, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan upgrade RAM.

2. Telalu banyak aplikasi berjalan

Banyaknya program atau aplikasi yang berjalan di background membuat laptop lelah. Segera nonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis pada saat laptop mulai dinyalakan. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, laptop akan makin lemot.

3. Terlalu banyak aplikasi terinstall

Semakin banyak memasang aplikasi, kapasitas hard disk akan semakin cepat penuh. Ketika hard disk penuh, maka kinerja laptop akan melambat dan bisa menyebabkan hang. Jadi, lebih baik memasang aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja. Hapus aplikasi yang tak diperlukan karena hanya akan membuat hard disk penuh.

4. Temporary File yang menumpuk

Salah satu hal penyebab laptop menjadi hang adalah banyaknya Temporary File yang menumpuk. Cek Temporary File yang tersimpan dan bersihkan file lama sehingga tak mengganggu kinerja laptop. Untuk membersihkannya, Anda bisa menjalankan perintan Run – Temp lalu hapus file dalam folder tersebut. Cara lainnya adalah menjalankan program Disk CleanUp.

5. Masalah pada hard disk

Hard disk adalah salah satu komponen yang bisa menyebabkan laptop hang selain RAM. Masalah hard disk yang menyebabkan laptop hang adalah memori hard disk kurang, hard disk terfragmentasi, umur hard disk sudah lama, atau bad sector. Cara mengatasinya adalah dengan upgrade hard disk, defrag hard disk, rutin melakukan pengecekan hard disk.

6.  Adanya virus, malware, atau spyware pada laptop

Jika laptop sudah terkenan serangan virus, malware atau spyware, lebih baik amankan dan jalankan Windows dalam Safe Mode lalu gunakan program Virus Cleaner. Untuk pencegahan, gunakan antivirus atau Windows Defender.

7. Ada System File yang corrupt atau hilang

Salah satu penyebab file corrupt adalah serangan virus. Jika file yang corrupt adalah file sistem, maka kinerja laptop akan terpengaruh. Cara mengatasinya adalah dengan repair sistem operasi yang digunakan.

8. Overheat pada hardware

Masalah overheat pada hardware adalah masalah yang sering terjadi dan membuat laptop nge-hang. Biasanya overheat terjadi pada CPU, prosesor, hard disk, dan VGA Card. Hal ini bisa menurunkan kinerja laptop, maka dari itu pastikan suhu laptop selalu dalam keadaaan stabil. Caranya adalah menambahkan kipas eksternal.

Nah, itulah beberapa penyebab laptop hang dan cara mengatasinya dengan mudah. Perlu diingat, jika laptop Anda nge-hang, jangan langsung mematikan laptop dengan tombol power. Namun, gunakan cara mematikan laptop dengan keyboard.

Untuk masalah laptop kantor yang bermasalah dan ingin mengganti dengan yang baru, hubungi Asani untuk sewa laptop kantor.

Another Post