Cara Mengatasi Mata Lelah karena Terlalu Lama Menatap Monitor

Kartika Rachmania, Jumat, 28 Mei 2021

Menatap layar monitor dalam jangka waktu yang lama akan membuat mata lelah, kering, bahkan pusing. Masalah tersebut bisa sangat mengganggu jika Anda tengah sibuk menyelesaikan pekerjaan. Ada rekomendasi berapa lama mata boleh memandang layar komputer agar kesehatan mata tetap terjaga. Berikut adalah beberapa tips mengatasi mata lelah karena terlalu lama menatap layar monitor:

  • Istirahat sejenak

Sempatkan waktu beberapa menit untuk istirahat tidak menatap layar monitor agar otot mata lebih rileks. Pandang objek yang jauh dari mata.

  • Sering berkedip

Ketika Anda sibuk bekerja di depan laptop, intensitas kedipan mata jadi berkurang hingga membuatnya cepat kering. Sering-seringlah mengedip setiap 10 - 15 detik sekali agar penglihatan menjadi lebih tajam.

  • Memijat mata

Untuk membuat mata lebih rileks, Anda bisa melakukan pijatan kecil dengan cara menutup kedua mata lalu tempatkan telapak tangan di depannya. Jangan lupa tarik napas panjang agar pikiran menjadi lebih tenang.

  • Menggunakan kacamata khusus

Jika pekerjaan Anda menuntut untuk sering berhadapan dengan monitor dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya Anda menggunakan kacamata khusus agar penglihatan tak terbebani dan mencegah kerusakan mata. Anda bisa mendapatkan kacamata tersebut di dokter mata.

  • Posisi komputer dan cahaya monitor

Cobalah atur jarak mata dan komputer sekitar 50 - 70 cm. Perhatikan agar pencahayaan tak terlalu terang atau terlalu gerap agar mata tidak cepat lelah. Posisi komputer dan pencahayaan monitor.

  • Konsumsi vitamin dan mineral

Pastikan Anda mengkonsumsi vitamin A, C, E, B kompleks dan zink agar kesehatan mata tetap terjaga. Jangan lupa konsumsi suplemen tambahan untuk meningkatkan dan memperbaiki penglihatan.


Another Post