Pengadaan Barang untuk Perusahaan dengan E-procurement

Kartika Rachmania, Selasa, 28 Desember 2021

Apa perbedaan e-procurement dan procurement konvensional? Secara prinsip, sama saja tapi e-procurement adalah proses pengadaan barang melalui penggunaan aplikasi atau website. E-procurement adalah salah satu solusi untuk perusahaan yang ingin proses pengadaan barang lebih berjalan efektif dan efisien. Perkembangan teknologi banyak mengubah dunia usaha termasuk dengan adanya e-procurement.

E-Procurement

E-procurement adalah pengadaan barang menggunakan proses digital atau aplikasi. Penggunaan software procurement akan membuat seluruh prosedur dan fungsi yang biasa digunakan perusahaan menjadi otomatis.

Proses e-procurement hampir semudah belanja di e-commerce karena banyak vendor atau supplier berbagai produk sesuai kebutuhan perusahaan. 

Manfaat E-Procurement

Manfaat e-procurement bagi perusahaan yaitu:

  • Mudah untuk memilih vendor

Di website atau aplikasi biasanya terdapat berbagai macam vendor yang menawarkan jasa atau barang dengan berbagai spesifikasi. Tim bisa memilih dan mengecek langsung barang atau jasa yang ditawarkan oleh vendor.

  • Proses pengadaan barang menjadi lebih efisien

Penggunaan aplikasi bisa menyederhanakan semua proses yang berlangsung dalam pengadaan barang karena semua informasi bisa diakses di dashboard aplikasi atau website. Spesifikasi barang dan jasa yang ditawarkan sudah tercatat di aplikasi sehingga perusahaan bisa langsung memilih barang yang diinginkan. Proses approval atasan juga bisa langsung dilakukan secara online. Data dan laporan tersedia real-time dan akurat sehingga transaksi bisa dilakukan lebih cepat.

  • Menghemat waktu dan biaya

Perusahaan bisa menghemat biaya dan waktu dalam proses pengadaan barang dan jasa. Tidak perlu ada biaya akomodasi maupun biaya lain yang dikeluarkan. Semua proses sudah tercatat dalam sistem sehingga bisa dicek kapan saja selama terkoneksi dengan internet.

  • Meminimalisir kecurangan antara karyawan dengan vendor

Semua proses berlangsung online, jadi setiap transaksi bisa tercatat langsung di dashboard. Maka dari itu atasan bisa langsung melihat data pembelian termasuk spesifikasi barang yang dibeli. Proses yang transparan membuat hilangnya risiko kecurangan. Segala penyimpangan bisa langsung dilihat di aplikasi.

E-procurement di Indonesia

E-procurement sering dikaitkan dengan proyek pemerintahan, tapi sistem ini juga sudah mulai diterapkan di perusahaan swasta.

Pengusaha sudah mulai memanfaatkan teknologi e-procurement untuk mempermudah proses pengadaan barang. Semua proses mulai dari memesan, negosiasi, menerima order, hingga mengirim produk bisa dilakukan melalui aplikasi. 

E-procurement adalah solusi pengadaan barang atau jasa secara online. Proses yang dijalankan lebih transparan dan praktis sehingga menguntungkan perusahaan.


Baca Juga: Tips Meningkatkan Efisiensi Procurement Perusahaan


Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang bisa disesuaikan kebutuhan. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.


Another Post