Kelebihan dan Kekurangan Investasi NFT

Kartika Rachmania, Jumat, 14 Januari 2022

Beberapa nilai NFT telah meroket dalam satu tahun terakhir dan menarik perhatian dari komunitas investasi. NFT memang ada manfaatnya untuk artis dan pemilik. Namun, sebelum Anda mulai tertarik terjun investasi NFT, sebaiknya Anda mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan NFT. 

Kelebihan dan Kekurangan Investasi NFT

 Berikut adalah manfaat saat membeli dan menggunakan NFT:

  • Pendapatan baru untuk artis

Sebagian NFT dibuat untuk membantu seniman mendapatkan lebih banyak uang dalam platform digital. Membeli dan menjual aset digital di NFT marketplace bisa memperluas akses ke lebih banyak pembeli dan penjual potensial daripada di masa lalu. Jika karya seni mereka populer di internet dan mendapat harga tinggi, seniman bisa mendapatkan keuntungan secara materi.  

  • Smart Contract

NFT tidak dapat diubah atau diganti dengan cara apa pun karena keasliannya diverifikasi di blockchain. Nilai intrinsik otentisitas menjadi nilai ekstrinsik yang aktual juga. Serangkaian perintah berkode yang dibangun ke dalam blockchain, dapat memastikan bahwa artis atau pembuat konten dibayar berdasarkan penggunaan dan penjualan kembali karya mereka di masa mendatang.

  • Kebanggaan kepemilikan karya

NFT memberi jalan langsung ke kolektor seni untuk mendukung komunitas artistik dan menambahkan aset unik ke koleksi.


Selain manfaat di atas, NFT yang bidangnya masih dalam pengembangn juga memiliki beberapa jebakan potensial yaitu: 

  • Pasar spekulatif

Saat ini, nilai NFT masih terkait dengan nilai estetika dan sentimental. Nilainya tidak bisa diukur sebagai investasi jangka panjang karena masih bersifat spekulatif. Faktor lain yang membuat nilainya tidak stabil adalah faktor permintaan pembeli. Akibatnya, harga NFT yang setinggi langit mungkin tidak akan bertahan selamanya.

  • Biaya membuat NFT

Membuat dan menjual NFT tidak gratis, ada biaya yang harus dikeluarkan. Biaya pembuatannya bisa lebih tinggi dari NFT yang dinilai oleh pengguna lain di pasar. 

  • Sustainability

Membuat dan menjual akun NFT untuk banyak penggunaan daya, seperti halnya transaksi blockchain. Beberapa ilmuwan khawatir bahwa pasar NFT yang berkembang dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan.

  • Kepemilikan tidak sama dengan kontrol

Pemilik NFT hanya memegang copyright asli, tapi tidak bisa mengontrol distribusi di seluruh platform. 


Apakah NFT merupakan investasi yang tepat untuk Anda?

Membuat dan menjual aset digital adalah langkah yang sangat masuk akal bagi pembuat konten. Adanya NFT merupakan sebuah potensi ekonomi digital yang diharapkan bisa berlaku untuk lebih banyak orang. Namun, ketika ada orang datang untuk membeli NFT sebagai barang koleksi, maka NFT adalah investasi spekulatif. Nilai NFT menjadi tidak pasti dan akan berfluktuasi berdasarkan permintaan dari karya NFT tersebut.

Tidak ada aturan baku untuk menentukan barang koleksi mana yang harganya akan meningkat dan mana yang tidak. Beberapa karya seni digital yang awalnya dijual dengan harga murah bahkan telah terjual dengan harga ribuan dolar.

Jika Anda menyukai seni, musik, dan Anda senang mengoleksi, mencoba investasi NFT mungkin masuk akal bagi Anda. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli karya NFT art:

  • Pembuat aset (kreator)
  • Keunikan aset 
  • Riwayat kepemilikan aset


Jika Anda seorang kreator, Anda mungkin bisa mulai mengidentifikasi tren NFT baru lebih awal agar dapat membuahkan hasil yang besar di kemudian hari.

Pelajari dulu semua hal tentang NFT dengan baik jika ingin investasi NFT agar Anda mengetahui segala risiko baik dan buruknya. Jika Anda memang ingin berinvestasi, lakukan diversifikasi investasi untuk mengurangi risiko.

Salah satu investasi yang bisa Anda pertimbangkan adalah investasi perangkat IT karyawan di perusahaan. Dengan perangkat yang sesuai, karyawan dapat bekerja maksimal hingga meningkatkan pendapatan perusahaan. Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer. 

Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. Segera hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post