5 Layanan Cloud Storage Gratis dan Terbaik

Kartika Rachmania, Rabu, 31 Maret 2021

Cloud Storage adalah layanan tempat penyimpanan online. Biasanya, file yang bisa disimpan di cloud storage adalah audio, video, gambar, dokumen, dan beberapa tipe lainnya. Sayangnya, tidak semua layanan cloud storage bisa menyimpan semua jenis file karena ada yang hanya melayani penyimpanan file audio atau gambar saja.

Apa manfaat menggunakan layanan cloud storage?

Menyimpan data di cloud storage dinilai tempat yang aman untuk menyimpan file penting. Pertimbangan untuk lebih memilih cloud storage daripada local storage (seperti HDD atau Flashdisk) sebagai tempat penyimpanan yaitu:

1.  Kapasitas drive akan cepat penuh

2.  Mengantisipasi jika drive tersebut rusak atau hilang

3.  Kemudahan akses karena bisa dilakukan di mana pun

4.  Sharing dan streaming file dengan mudah bisa dilakukan di mana pun

Baca juga: Perbedaan Local Storage vs Cloud Storage

Layanan cloud storage memang ada yang gratis dan berbayar. Untuk layanan berbayar storage premium, biasanya kapasitasnya memang lebih besar. Namun, tak usah khawatir karena cloud storage premium juga memberikan storage gratis yang bisa di-upgrade kapan pun.

Layanan Cloud Storage Gratis

Berikut adalah layanan cloud storage gratis dan terbaik yang bisa dicoba:

1.  Google Drive

Jika sudah memiliki akun Google, Anda akan mendapatkan 15GB ruang penyimpanan dari Google Drive. Layanan Google ini memang sharing denan Gmail dan Google Photo, tapi ruang penyimpanannya masih dikatakan sangat lega.

2.  OneDrive

OneDrive adalah layanan dari Micrsoft. Ketika Anda membuat akun Microsoft, Anda akan langsung mendapatkan 5GB ruang penyimpanan gratis dari OneDrive.

3.  Dropbox

Dropbox adalah layanan cloud storage asal Amerika yang memberikan gratis ruang penyimpanan sebesar 2GB. Anda cukup mendaftarkan e-mail di website dropbox untuk mendapatkan cloud storage gratis.

4.  MEGA

Jika Anda mendaftarkan akun di MEGA, Anda akan mendapatkan 50GB ruang penyimpanan kosong gratis. Layanan ini dibangun dari pendahulunya itu Megaupload di mana Anda dapat mengunggah ke server dan mengunduh dari server-nya.

5. MediaFire

MediaFire memberikan 10GB ruang penyimpanan kosong. Untuk menambahkan ruang penyimpanan gratis, Anda bisa mencoba program referral atau unduh aplikasi.


Nah, dari rekomendasi 7 cloud storage terbaik dan gratis di atas, yang manakah pilihan Anda? Usahakan untuk memilih sesuai kebutuhan ya. Untuk kebutuhan laptop perusahaan, ingat Asani.

Another Post