Cara Membuat Password Akun yang Unik

Kartika Rachmania, Selasa, 20 September 2022

Penjahat siber biasanya tahu bahwa kebanyakan orang menggunakan password yang sama dan mudah diingat di beberapa akun. Maka dari itu, hacker hanya perlu meretas satu akun agar bisa mengakses akun lainnya. Password yang unik dibutuhkan agar orang asing yang ingin masuk ke akun Anda kesulitan membobol akun.

Cara Membuat Password Unik 

Berikut adalah cara membuat password unik agar tidak mudah ditebak oleh hacker:

1.Gunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol

Gunakanlah kombinasi huruf, angka, dan simbol. Makin banyak variasi karakter, password akan makin sulit ditebak. Jangan gunakan angka atau huruf berurutan. 

2.Jangan sertakan tahun lahir atau bulan/hari lahir 

Ingatlah bahwa penjahat cyber dapat dengan mudah menemukan informasi ini dengan mengintai akun media sosial Anda.

3. Gabungkan berbagai kata yang tidak terkait dalam kata sandi 

Ini akan mempersulit hacker untuk menebak kata sandi. Jangan gunakan frasa dari lagu, film, atau acara televisi yang populer. Cobalah gunakan tiga atau empat kata yang lebih panjang. 

4. Jangan gunakan kata yang ada di kamus

Anda bisa mengganti huruf pada sebuah kata dengan angka atau simbol agar tidak mudah ditebak. 

5. Gunakan pengelola kata sandi untuk menyimpan kata sandi Anda

Jika ingin lebih aman, maka gunakan app pengelola kata sandi yang profesional. Jangan simpan password di sembarang dokumen.

6. Jangan gunakan kata sandi yang sama

Jangan gunakan password yang sama di setiap akun, perangkat, aplikasi, atau website. Jika Anda takut lupa, maka gunakanlah app pengelola password yang profesional. Jangan simpan di sembarang dokumen agar lebih aman. 


Cara di atas harus dilakukan agar akun Anda tidak bisa di-hack oleh orang tak bertanggungjawab. Jika hacker sudah menebak salah satu kata sandi, mereka akan menggunakannya untuk mencoba meretas semua akun pribadi dan profesional Anda. Jadi ikuti cara di atas agar semua akun termasuk akun Google Anda lebih aman dari serangan hacker.


Perhatikan lagi jika Anda menerima file dari email tidak dikenal, harap berhati-hati untuk menghindari phising. Pastikan juga Anda memasang anti virus di laptop agar perangkat tetap aman.


Jika kantor Anda membutuhkan perangkat IT seperti laptop atau tablet, Asani bisa membantu kantor Anda dengan menyediakan perangkat IT bagi semua karyawan perusahaan Anda. 


Asani adalah jasa berbasis langganan karena dengan sewa laptop di Asani, Anda bisa mendapatkan keuntungan lain seperti asuransi dan konsultasi dengan IT Expert. Dengan menyewa, perusahaan Anda berkontribusi dalam membantu mengurangi limbah elektronik yang ada di dunia. Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post