Fitur Penting di Software Call Center

Kartika Rachmania, Rabu, 25 Mei 2022

Mendirikan pusat call center perusahaan atau membangun layanan jasa call center memang tidak mudah. Faktor yang harus Anda pertimbangkan adalah biaya operasional termasuk biaya alat atau teknologi yang tepat bagi usaha Anda. Dengan dukungan teknologi yang tepat, Anda bisa terus meningkatkan layanan call center menjadi semakin baik. Teknologi yang bisa Anda manfaatkan adalah software call center. Software call center yang tepat dan bermanfaat mampu mendukung semua aspek yang diperlukan dalam membuat layanan call center dengan baik. 

Fitur Penting untuk Software Agen Call Center

Mengelola layanan call center yang baik sangat penting untuk menjaga kepuasan pelanggan dan calon pelanggan agar reputasi perusahaan makin meningkat. Sebelum memilih software yang sesuai dengan operasional perusahaan, simak beberapa fitur penting yang bisa Anda jadikan patokan dalam memilih software yang ingin digunakan untuk bisnis call center: 

Mendukung Omnichannel

Fitur omnichannel memungkinkan semua orang di tim bisa melihat catatan panggilan pelanggan di channel apa pun yang digunakan. Hal ini bermanfaat bagi perusahaan karena bisa menghasilkan layanan yang lebih efisien sehingga kepuasan pelanggan tetap terjaga. 


Panggilan berbasis cloud

Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah sistem telepon berbasis cloud yang berjalan melalui internet, bukan saluran telepon biasa. Call center yang beroperasi di jaringan cloud biasanya yang memerlukan sistem panggilan semacam ini.


Rute panggilan

Fitur rute panggilan bisa mengarahkan pelanggan ke orang yang tepat dengan waktu secepat mungkin. Sistem ini bisa mengubah alur kerja, menghemat waktu, dan menghemat sumber daya. Panggilan masuk akan langsung dialihkan ke agan call center yang tersedia sehingga perusahaan bisa mengoptimalkan biaya operasional dengan memanfaatkan setiap agen seefisien dan seefektif mungkin. 


Respon Suara Interaktif

Interactive voice response (IVR) adalah suara elektronik yang dapat membantu pelanggan memutuskan jenis call center yang ingin mereka hubungi, tergantung pada kekhawatiran mereka.


Panggilan Keluar

Software call center tidak hanya untuk melayani pelanggan. Anda juga bisa melakukan panggilan keluar kepada pelanggan untuk menawarkan produk atau dukungan pelanggan lainnya.  


Integrasi CRM

Dalam menjalankan bisnis, mengenal pelanggan adalah langkah awal dalam menciptakan strategi marketing yang baik. Dengan memahami pelanggan, Anda bisa memahami bagaimana cara menjangkau mereka dengan baik. Dengan opsi integrasi manajemen hubungan pelanggan (CRM) dalam perangkat lunak, agen call center bisa dengan mudah menarik informasi apa pun tentang pelanggan termasuk segala interaksi yang pernah terjadi sehingga pekerjaan mereka akan lebih efektif dan mencegah penjelasan berulang-ulang. 


Pengaturan Voicemail

Manajemen pengaturan voicemail berguna agar agen call center bisa lebih mudah menanggapi pesan yang masuk di luar jam kerja. Fitur penyortiran ID penelepon, waktu, pesan, dan detail panggilan lain sangat berguna bagi agen call center. 


Voice Recording

Fitur voice recording dapat membantu agen call center mendengarkan ulang percakapan dengan pelanggan. Fitur ini juga bisa digunakan untuk memeriksa detail kualitas pelayanan serta kepuasan pelanggan. 


Laporan dan Analisis

Fitur ini digunakan untuk mengidentifikasi masalah umum yang dialami pelanggan. Selain itu, fitur ini bisa membantu Anda untuk melihat aspek layanan mana yang harus diperbaiki atau ditingkatkan. 


Alat pengawas

Alat ini berguna untuk memantau agen call center termasuk KPI.  


Software untuk Call Center

Ada beberapa tools atau software yang direkomendasikan untuk membuat bisnis call center di antaranya:

  • Hubspot
  • Zendesk
  • Aircall
  • LiveAgent


Software yang baik dapat membuat perbedaan pada perusahaan karena Anda bisa bebas memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Selain software, Anda juga perlu menyiapkan perangkat keras pendukung agen call center. Asani menyediakan sewa laptop atau komputer, dan tablet dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan karyawan perusahaan Anda. 


Asani juga memberikan instalasi software termasuk Microsoft Office bagi perusahaan yang sudah menyewa di Asani. Jika Anda berhasil menekan biaya peralatan, Anda bisa mengalihkan biaya untuk merekrut karyawan yang bisa membantu call center Anda mencapai target pendapatan lebih besar. Segera hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.


Lihat katalog Asani untuk melihat jenis laptop design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 

Another Post