Pengertian Prosesor, Fungsi, dan Cara Kerja

Kartika Rachmania, Jumat, 19 Februari 2021

Prosesor adalah komponen utama atau otak dari laptop / komputer Anda. Prosesor terletak tepat di tengah motherboard. Prosesor memiliki fungsi yang penting bagi seluruh operasi perangkat komputer karena semua perintah dimulai dari processor. Maka dari itu, memilih prosesor terbaik untuk mendukung pekerjaan menggunakan komputer atau laptop sangat penting bagi pengguna. Mulai dari pekerjaan sederhana seperti menulis, membalas e-mail, berselancar di internet, main game, dan mengolah grafis semua dilakukan dengan komputer atau laptop.

Fungsi Prosesor

Fungsi processor secara umum adalah mengolah perintah yang masuk kemudian dikeluarkan berupa output yaitu pemberi perintah. Fungsi prosesor adalah:

1. Memastikan komputer bekerja dengan baik

2. Menjalankan proses informasi pada komputer

3. Memberikan perintah kepada tiap komponen komputer

4. Menjaga performa komputer

5. Menunjang kegiatan spesifik komputer

6. Mengolah perhitungan algoritma

7. Menjaga stabilitas komponen komputer

8.  Mendukung kebutuhan spesifik komputer

Komponen Prosesor

1. Control Unit (CU)

Pengatur lalu lintas dan kegiatan data yang ada di dalam komputer seperti input dan output. Aktivitas bisa dieksekusi tanpa ada tumpang tindih dan dilakukan secara teratur.

2. Artimatics Logical Unit (ALU)

Komponen yang melakukan perhitungan aritmatika sesuai perintah yang diperoleh. Perhitungan digunakan supaya komputer dalam membaca instruksi dengan benar. Di dalam komponen ini, prosesor benar-benar melakukan pekerjaan yang penting pada sebuah sistem.

3. Register Unit (RU)

Komponen ini adalah alat penyimpanan yang lebih kecil daripada memory utama dan memiliki kecepatan akses cukup tinggi. Data yang telah diolah CU dan ALU akan disimpan di komponen ini untuk nantinya diolah kembali.

Merek Prosesor

Berikut adalah beberapa jenis dan merek prosesor yang beredar di pasaran:

1. Intel

Processor Intel adalah prosesor paling populer dan banyak digunakan pada laptop atau komputer. Kelebihan prosesor ini di antaranya adalah lebih tahan panas, ada turbo boost yang dapat mempercepat proses kerja pada komputer.

2.  AMD (Advanced Micro Devices)

Processor AMD adalah saingan terbesar prosesor Intel, tapi lebih disukai oleh gamers karena AMD dilengkapi denga VGA ATi Radeon.

3. IBM (International Bussiness Machines Corporation)

IBM memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak. Prosesor yang pernah diproduksi oleh IBM di antaranya adalah Pentium II Xeon dan IBM POWER.

4.  Apple

Apple memproduksi beragam prosesor dan penjualan software komputer. Produk prosesor yang diproduksi Apple Inc di antaranya Apple I, Apple DOS, dan Macintosh.

5. IDT (Integrated Device Technology)

Produksi prosesor dari IDT ini tergolong murah dibandungkan dengan prosesor merek lain. Prosesor pertama yang diluncurkan oleh IDT adalah WinChip.

Cara Kerja Prosesor

Tiga hal dasar yang dilakukan prosesor yaitu:

1. Menggunakan ALU untuk melakukan operasi matematis

2. Memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi lain

3. Mengambil keputusan serta melompat ke instruksi lain

Prosesor akan menerima perintah masuk “input” dari keyboard, mouse atau penginput data lain yang terhubung dengan komputer. Setelah itu menerjemahkan perintah tersebut untuk kemudian teruskan outputnya ke hardware atau software terkait.


Laptop atau komputer dengan prosesor terbaik akan membantu mempermudah kerja Anda. Laptop yang disewakan ASANI memiliki prosesor terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Info selengkapnya bisa dilihat di sini. Hubungi Asani untuk konsultasi gratis mengenai sewa laptop kantor untuk perusahaan Anda.

Another Post