Cara Memilih Prosesor Laptop yang Bagus

Kartika Rachmania, Senin, 1 Februari 2021

Prosesor adalah otak dari komputer. Tanpa prosesor, komputer atau laptop tidak dapat bekerja. Processor terletak di tengah motherboard dan segala proses perintah dimulai dari bagian ini. Memilih prosesor laptop yang bagus perlu dilakukan untuk mendukung aktivitas pekerjaan mulai dari hal sederhana seperti menulis, browsing, olah grafis, hingga bermain game.

Cara Memilih Processor Laptop yang Bagus

Berikut adalah tips memilih prosesor laptop yang bagus dan terbaik agar Anda dapat memilih processor mana yang sesuai dengan kebutuhan:

  • Menentukan Kebutuhan

Sebelum membeli laptop atau komputer, Anda perlu mengetahui keperluan penggunaan perangkat apakah untuk pekerjaan ringan, sedang, atau berat. Dengan memperhatikan hal itu, Anda jadi tahu apakah pengguna memerlukan prosesor tertinggi, sedang, atau biasa-biasa saja. Laptop yang memiliki processor tinggi pasti memiliki performa yang kuat, tapi harganya juga pasti lebih mahal. Jika Anda hanya membutuhkan laptop/PC untuk pekerjaan ringan, maka tidak perlu membeli laptop dengan spesifikasi tinggi. Sesuaikan spesifikasi laptop dengan kebutuhan. Misalnya, untuk pekerjaan ringan seperti browsing, Anda tidak perlu mencari laptop gaming, jadi carilah laptop dengan harga yang lebih murah. Namun, jika pekerjaan Anda membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi, barulah laptop gaming bisa dijadikan pilihan untuk kerja.

  • Menentukan Tipe dan Jenis Prosesor yang Bagus

Banyak merek yang berlomba-lomba mengeluarkan tipe processor dengan keunggulan dan kekurangan masing-masing. Processor yang populer saat ini di antaranya adalah Intel dan AMD. Intel menyediakan processor untuk laptop atau komputer yang sudah banyak digunakan dan dikenal orang dengan kualitas yang baik. Jenis-jenis processor Intel di antaranya adalah Pentium, Celeron, dan seri Core. 

AMD juga merupakan merek yang banyak digunakan untuk editing maupun gaming. Sebenarnya, ada beberapa merek processor lain, tapi saat ini sudah jarang digunakan. Untuk memilih jenis prosesor terbaik saat ini, Anda bisa mempertimbangkan Intel atau AMD yang sudah tidak diragukan lagi.

  • Melihat Generasi dan Core Prosesor

Setelah menentukan tipe dan jenis prosesor, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melihat generasi dan core prosesor. Sebuah processor biasanya akan semakin berkembang dari waktu ke waktu dan mengeluarkan generasi terbaru. Jadi, pilihlah processor generasi terbaru meskipun tipenya sama karena generasi baru biasanya memiliki performa yang lebih baik daripada generasi sebelumnya.

Prosesor dengan jumlah core yang banyak bisa membuat kerja laptop atau komputer menjadi lebih cepat karena pembagian tugas dapat dibagi dengan jumlah core yang ada. Jika Anda sering melakukan multitasking atau menggunakan banyak aplikasi dalam satu waktu, jumlah core processor ini penting karena bisa membuat kinerja bisa menjadi lebih cepat.

  • Mengetahui Daya yang Digunakan

Prosesor yang menggunakan daya rendah bisa menghemat penggunaan listrik dan baterai laptop juga lebih tahan lama. Tipe processor yang terbaru biasanya memiliki daya yang rendah.

  • Perhatikan Jangka Pemakaian Prosesor

Memilih processor juga perlu memperhatikan jangka waktu berapa lama processor itu bertahan dengan performa yang baik.

  •  Harga Prosesor

Harga processor biasanya sudah satu paket dengan laptop atau komputer. Processor terbaru biasanya memiliki harga yang lebih mahal tapi performanya tinggi. Jika Anda menemukan dua laptop memiliki processor berbeda tapi harganya sama, maka perhatikan detail kedua processor tersebut. Pilihlah yang terbaru jadi Anda bisa mendapatkan laptop dengan proses maksimal dengan harga yang sama.

Sebelum memilih laptop atau komputer, sebaiknya Anda mengetahui kebutuhan pengguna agar tidak perlu membayar dengan harga tinggi jika yang Anda gunakan hanya pekerjaan ringan seperti browsing atau menulis. Jika Anda bekerja pada bidang grafis, carilah processor yang bisa mendukung kerja Anda. Biayanya memang akan lebih besar, tapi performanya akan tinggi dan tidak akan mengalami gangguan saat bekerja seperti laptop lemot.

Laptop yang Bagus untuk Perusahaan

Jika Anda sedang mencari laptop HP, laptop Asus, laptop lenovo, atau laptop merek lain untuk kebutuhan perusahaan, Anda bisa mempertimbangkan untuk sewa di Asani. Produk yang ditawarkan oleh Asani dapat dilihat di katalog sewa laptop Asani. Laptop atau Komputer di Asani sudah dipilih berdasarkan kategori kebutuhan di perusahaan. Jadi, Anda tinggal mencatat sesuai kebutuhan, dan tim Asani akan memberikan solusi dengan penawaran sewa laptop terbaik.

Another Post