Tipe Barang dan Jenis Purchasing

Kartika Rachmania, Senin, 31 Januari 2022

Purchasing adalah bagian dari proses procurement yaitu proses pembelian barang atau jasa. Purchasing hanyalah satu bagian dari proses procurement di kantor. Barang-barang dibeli oleh tim purchasing merupakan barang yang dibutuhkan perusahaan agar tetap beroperasi. Simak tipe dan jenis purchasing yang umum dilakukan di perusahaan. 

Tipe Barang yang Dibeli Tim Purchasing

Proses pengadaan barang tergantung pada kebutuhan bisnis perusahaan. Barang-barang yang biasanya sering dibeli yaitu: 

  • Bahan Baku

Bahan baku mentah adalah hal-hal yang akan digunakan untuk membuat sebuah produk baru.

  • Produk atau Komponen Setengah Jadi

Produk setengah jadi adalah barang yang diperlukan untuk mendukung dan melengkapi produk akhir. Komponen setengah jadi bisa berupa sistem.

  • Produk Jadi (Siap Pakai)

Produk siap pakai adalah barang yang akan digunakan untuk penggunaan internal atau apa pun yang tidak perlu melalui proses sebelum dijual ke pelanggan akhir.

  • Peralatan Modal

Aset yang akan digunakan selama lebih dari satu tahun, seperti mesin, komputer, dll.

  • Maintenance, Repair, and Operating Items (MRO)

Barang-barang ini adalah hal yang dibutuhkan bisnis untuk beroperasi, tetapi tidak dijual kepada pelanggan. Contohnya yaitu suku cadang mesin dan perlengkapan kantor.

  • Bahan Pendukung Produksi

Barang pendukung produksi adalah barang yang diperlukan untuk mengemas dan mengirimkan barang.

  • Layanan atau Jasa

Layanan diperlukan untuk mendukung bisnis Anda. Contohnya adalah hosting web, dukungan pelanggan, tim hukum, dan lainnya.

  • Transportasi

Transportasi adalah jenis layanan khusus untuk menangani aliran material masuk dan keluar seperti logistik pihak ketiga dan pengiriman.

Jenis Purchasing

Jenis purchasing akan berbeda tergantung pada apa yang akan dibeli. Berikut adalah beberapa jenis purchasing yang umum dilakukan oleh orang:

  • Pembelian Individu atau Pribadi

Pembelian pribadi atau individu adalah pembelian untuk konsumsi sendiri. Pembelian jenis ini mendorong perekonomian dengan pembelian produk atau jasa. 

  • Pembelian Komersial

Produk yang dibeli nantinya akan didistribusikan ke pelanggan atau dijual kembali. Kategori pembelian ini dilakukan dengan cara eceran, grosir, dan agen. 

  • Pembelian Industri

Pembeli membeli sebuah barang untuk mengubahnya menjadi produk jadi yang bagus. Jenis pembelian ini biasanya membeli bahan mentah termasuk suku cadang atau peralatan.

  • Pembelian Pemerintah

Pembelian pemerintah adalah pembelian di mana instansi pemerintah membeli suatu barang publik dalam jumlah besar.


Proses purchasing biasa melalui berbagai tahap yang panjang. Proses purchasing juga membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian karena bisa mempengaruhi kinerja perusahaan.  Mengembangkan kebijakan pembelian mampu membantu menjaga semua orang yang terlibat tetap pada jalurnya. Salah satu cara untuk melacak proses purchasing yang transparan adalah menggunakan e-procurement

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post